Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top Ads

Bagaimana Konsep Play-to-Earn Mengubah Industri Game

top crypto games and coins
Top crypto games and coinsTop crypto games and coins - Sumber: https://coinfolks.id/ | Dok Istimewa

Beberapa top crypto games and coins telah menarik perhatian para pemain game dari seluruh dunia. Penggunaan koin kripto dalam permainan ini sangat umum ditemukan pada jenis game Play-to-Earn (P2E).

Sebuah game yang menggabungkan teknologi, hiburan, dan ekonomi dalam satu ekosistem yang dapat dikelola oleh pemain. Game Play-to-Earn menawarkan lanskap permainan, tantangan, dan peluang yang menarik.

Konsep Dasar Play-to-Earn: Menghasilkan Uang dari Bermain Game

Top crypto games and coins yang mungkin Anda kenal saat ini pada dasarnya merupakan konsep terbaru dari Play-to-Earn. Konsep P2E sendiri adalah model permainan yang dapat menghasilkan uang. Dengan kata lain, pemain memiliki kesempatan mendapatkan uang dengan berpartisipasi dalam game.

Hadiah uang dari game dapat ditukar atau ditarik tunai sehingga dapat digunakan dalam dunia nyata. Konsep permainan seperti ini nyatanya menarik banyak pecinta game karena bisa menghasilkan uang sambil menjalankan hobinya.

Pemain biasanya akan mendapatkan reward atau hadiah dengan menyelesaikan quest dalam game yang berisi berbagai misi. Reward tersebut dapat dikumpulkan untuk membeli item game atau ditukar menjadi uang asli.

Evolusi Play-to-Earn dalam Dunia Game

Game P2E telah berevolusi dengan melibatkan teknologi blockchain yang mengubah cara bermain dan bertransaksi dalam game. Jenis game terdesentralisasi ini beroperasi melalui pemanfaatan jaringan peer-to-peer sehingga tidak membutuhkan otoritas pusat.

Artinya, pemain memiliki kendali dan hak kepemilikan penuh atas aset-aset in-game. Desentralisasi pada game juga memungkinkan pembuatan Non-Fungible Token (NFT) yang dapat diperdagangkan di pasar blockchain.

Jadi, pemain dapat membelanjakan aset atau uangnya di dalam maupun di luar ekosistem game. NFT ini bisa berupa karakter game, tanah, skin, dan item game lainnya. Memungkinkan pemain untuk menghasilkan uang bukan hanya dari bermain game tetapi juga jual-beli NFT.

Teknologi blockchain yang terus dikembangkan membuat popularitas game NFT ini terus meningkat. Membuka peluang bagi para pemain untuk mendapatkan penghasilan cukup besar, apalagi bagi mereka yang berasal dari daerah dengan biaya hidup rendah.

Game Crypto Populer dan Koin Game Terbaik

top crypto games and coins
top crypto games and coinsTop crypto games and coins - Sumber: https://axieinfinity.com/axs | Dok Istimewa

Penggunaan teknologi blockchain dan koin kripto dalam ekosistem game menciptakan ruang yang menjanjikan bagi pemain. Saat ini, telah banyak bermunculan game web3 atau game crypto yang bisa Anda mainkan seperti beberapa game berikut.

1. Axie Infinity (AXS)

top crypto games and coins
Top crypto games and coins - Sumber: https://axieinfinity.com/axs | Dok Istimewa

Salah satu game crypto terbaik yang paling populer adalah Axie Infinity. Pemain dapat mengumpulkan, bertarung, dan mengembangbiakkan mahluk fantasi bernama Axies. Nah, Axies ini merupakan NFT yang bisa didapatkan pemain jika sudah masuk peringkat PVP game.

Selain Axie Infinity Token (AXS), pemain juga bisa memperoleh token kedua yakni Smooth Love Potion (SLP), dan koin crypto asli dari game ini. Anda akan dapatkan SLP apabila berhasil memenangkan game di setiap levelnya.

2. The Sandbox (SAND)

Top crypto games and coins berikutnya adalah The Sandbox (SAND). Ini merupakan game Play-to-Earn yang beroperasi di metaverse virtual terdesentralisasi. Jadi, pemain bisa menikmati gameplay dengan pengalaman Virtual Reality (VR).

Dalam game, SAND dapat digunakan pemain untuk membeli tanah digital yang disebut sebagai LAND maupun objek lainnya. NFT tersebut dapat ditukar dengan koin asli. Pemain juga bisa menyelesaikan misi untuk mendapatkan penghasilan.

3. Decentraland (MANA)

Game crypto yang juga menyuguhkan virtual reality adalah Decentraland (MANA). Anda bisa menikmati permainan VR dengan kualitas grafis tinggi. Mirip seperti Sandbox, pemain dapat membeli dan menukarkan tanah digital yang disebut LAND dalam game ini.

Secara keseluruhan, koin MANA yang memegang peran utama dalam metaverse Decentraland. MANA adalah koin game untuk kepemilikan, tata kelola, dan kreasi pemain dalam game. Selain mengeksplor LAND, koin game juga dapat digunakan untuk membuat avatar dan konten game sesuai keinginan.

4. Plant VS Undead (PVU)

Game Play-to-Earn yang beroperasi di atas blockchain selanjutnya adalah Plant Vs Undead. Menawarkan gameplay berupa pengelolaan lahan pertanian dengan tanaman untuk melawan mayat hidup atau undead.

Jika Anda sudah kenal dengan game Plants vs Zombies, akan mudah untuk memahami game ini karena konsepnya hampir sama. Namun, aset in-game seperti tanaman dapat dijual dengan harga 10 token PVU. Bahkan tanaman atau set yang langka dapat dijual dengan harga lebih tinggi di atas 10 token PVU.

Token PVU ini perlu diubah menjadi Light Energy (LE) untuk bisa membeli item di dalam game. Semua alat dan benih tanaman di permainan hanya bisa dibeli dengan LE bukan PVU. Jika Anda memenangkan permainan, Anda juga akan mendapatkan LE yang dapat ditukar menjadi PVU.

5. Gods Unchained (GODS)

God Unchained adalah jenis game Play-to-Earn yang menyuguhkan gameplay berupa kartu. Salah satu game yang dibangun dengan teknologi blockchain dan menggunakan token GODS. Dengan token inilah pemain bisa membeli item dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan banyak hadiah.

Ketika baru memainkan, disediakan kartu digital gratis namun tidak termasuk dalam blockchain. Jika Anda memenangkan permainan, barulah bisa mendapatkan hadiah atau reward berupa token GODS. Game ini juga memiliki fitur Flux yang tidak bisa dijual-beli dan hanya dapat diperoleh dengan memenangkan permainan.

Itulah beberapa top crypto games and coins terbaik yang bisa dimainkan untuk mendapatkan penghasilan. Konsep Play-to-Earn dengan melibatkan teknologi blockchain merupakan transformasi dan inovasi dalam dunia game yang lebih dinamis dan menjanjikan.

Post a Comment for "Bagaimana Konsep Play-to-Earn Mengubah Industri Game"